< Back to 68k.news ID front page

Pelajar di Nias Selatan Meninggal Diduga Dianiaya Kepala Sekolah, Dugaan Pemukulan Kening Terjadi di Salah Satu Ruang Kelas - Jawa Pos

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Dari rekam medis yang diterima keluarga, ada bekas pukulan di jidat Yaredi Ndrudu dan salah satu saraf di keningnya tidak berfungsi. Kepala sekolah yang diduga memukul keningnya sudah dibebastugaskan Disdik Sumut.

BAGUS SYAHPUTRA- DEWI SYAHRUNI LUBIS, Medan

---

SEHARI setelah Yaredi Ndrudu dirawat di RSUD dr M. Thomsen di Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara (Sumut), keluarga menerima hasil pemeriksaan medis. Hasilnya mengagetkan.

Rekam medis yang diterima pada Rabu (10/4) pekan lalu itu memperlihatkan, di kening pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siduaori, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), tersebut terdapat bekas pukulan.

"Selain itu, salah satu saraf di kening korban tidak berfungsi sehingga korban sakit parah," kata Kasihumas Polres Nisel Bripka Dian Octo Tobing kepada Sumut Pos (17/4).

Keluarga korban, lanjut Dian, membuat laporan ke Polres Nisel pada 11 April. "Lalu, pada 13 April, korban kembali dibawa ke RSUD Thomsen, Gunungsitoli, untuk mendapatkan perawatan intensif. Namun, pada 15 April pukul 19.30 WIB, korban dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit," papar Dian.

Sekhezatulo Ndruru, ayah korban, menjelaskan, pada 23 Maret sang anak sempat dibariskan dan dihukum SZ, kepala sekolah, bersama enam siswa lain karena dianggap tidak menjalankan tugas magang dengan baik. Saat kejadian pada 23 Maret lalu itulah, diduga SZ memukul kening para siswa tersebut.

Sekhezatulo juga menyebut anaknya sering mengalami pusing sejak kejadian itu. Obat yang diberikan sang ibu, Yatiria Telaumbanua, tak mempan meredanya.

Kemarin polisi pun melakukan otopsi jenazah Yaredi di RSUD dr M. Thomsen. Otopsi melibatkan tim forensik dari RS Bhayangkara Polda Sumatera Utara.

"Dalam perkara ini, perlu dilakukan pembuktian secara lebih mendalam karena kejadian sudah berlalu selama tiga minggu. Jadi, perlu diadakan otopsi," ujar Kasat Reserse Kriminal Polres Nias Selatan AKP Fredy Siagian kepada Sumut Pos.

Fredy enggan mengungkapkan penyebab kematian Yaredi. Dia hanya menyatakan, penganiayaan yang menjadi penyebab kematian itu terjadi di salah satu ruang kelas. Polisi disebutnya sudah memeriksa sembilan orang terkait dengan kasus ini.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut juga telah membebastugaskan sementara SZ. Tujuannya, mendukung pemeriksaan secara intensif yang dilakukan tim investigasi yang telah dibentuk.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Disdik Sumut Suhendri menuturkan, tim investigasi masih terus menggali informasi dan mengungkapkan fakta dalam kasus ini. Suhendri menambahkan bahwa SZ sebelumnya belum memiliki catatan kesalahan. Dan, berdasar informasi diperoleh pihaknya, SZ memanggil korban bersama enam siswa lainnya karena laporan hasil praktik kerja atau magang yang mereka lakukan tidak maksimal.

< Back to 68k.news ID front page