< Back to 68k.news ID front page

Kronologi Pria Jatuh Bangun Kejar Truk Jalan Sendiri di Tol, Sebelumnya Tabrak Palang

Original source (on modern site)

Jakarta -

Aksi truk berjalan sendiri dikejar-kejar pria di tol viral di media sosial. Begini kronologi kejadian tersebut.

Video pria mengejar truk yang tengah berjalan di tol tengah viral di media sosial. Dalam video yang berseliweran di media sosial X, tampak ada seorang pria yang turun dari Kijang Innova putih dan kemudian berlari mengejar truk. Pria tersebut rupanya adalah sopir truk yang tengah berjalan sendiri. Ia juga sempat terjatuh saat berusaha mengejar truk bermuatan alat pertanian itu.

Truk pun berjalan tanpa arah dan sempat menghantam pembatas di median dan kiri jalan. Beruntung, sopir berhasil naik ke dalam truk dan menghentikan lajunya. Dirlantas Polda Jateng Kombes Sonny Irawan menjelaskan kronologi kejadian tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dijelaskan Sonny peristiwa itu terjadi pada pukul 07.30 WIB di KM 413, tepat setelah gate tol Kalikangkung jalur B arah Jakarta.

"Sudah dicek, kejadian di KM 413 setelah gate Kalikangkung," kata Sonny dikutip detikJateng.

Usut punya usut, truk itu sempat menabrak palang otomatis di gerbang tol Kalikangkung. Setelah menabrak palang, truk diminta petugas untuk menepi. Saat menepi itulah sopir truk lupa menarik rem tangan.

"Kendaraan truk menabrak palang otomatis, kemudian dihentikan petugas Jasa Marga. Pada saat (sopir) turun dari mobil lupa hand rem, sehingga berjalan ke depan," lanjut Sonny.

Sesaat setelah kejadian, sopir truk sempat dimintai keterangan. Selanjutnya truk diizinkan jalan kembali. Rem tangan memang memiliki peran vital saat kendaraan berhenti. Terlebih bila menepikan kendaraan di jalanan menurun harus ekstra waspada.

"Berhenti di tanjakan atau di turunan itu tidak dianjurkan, risiko bergeraknya kendaraan menjadi perhatian," tutur Praktisi Keselamatan Berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Satu hal yang tidak kalah penting saat kondisi menurun (muka kendaraan mengarah ke bawah) penggunaan rem tangan diwajibkan untuk menghindari mobil turun secara tiba-tiba. Selanjutnya pada kendaraan bertransmisi manual ketika kondisi menurun sebaiknya memasukkan gigi dan mesin dalam keadaan mati.

"Kalau automatic lebih mudah karena posisi gear-nya otomatis di P. Jadi hal-hal tersebut di atas wajib dilakukan kalau mobilnya nggak mau bergerak," jelas dia.

Simak Video "Kecelakaan 2 Truk Kontainer dan Motor di Pasuruan, Satu Orang Tewas"

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)

< Back to 68k.news ID front page