< Back to 68k.news ID front page

WHO Sebut Banyak Jajanan RI Mengandung Lemak Trans Tinggi, Ini Daftarnya

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Asupan tinggi asam lemak trans atau Trans Fatty Acids (TFA) telah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan kematian akibat penyakit jantung koroner. Setiap tahun, asupan lemak trans merenggut lebih dari setengah juta nyawa secara global.

Di Indonesia, penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyebab 73 persen dari seluruh kematian. Pola makan yang tidak sehat, termasuk pola makan yang tinggi lemak trans menduduki peringkat ketiga di antara penyebab kematian dan kecacatan dari semua penyakit tidak menular jika digabungkan.

Untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam menghilangkan lemak trans yang diproduksi secara industri, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia telah melakukan penilaian terhadap sumber makanan yang mengandung lemak trans dalam pasokan pangan Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Temuannya menunjukkan bahwa hampir 10 persen sampel mengandung lemak trans melebihi ambang batas yang direkomendasikan WHO, yakni kurang dari 2 g/100g total lemak," ucap dr Lubna Bhatti, Team Lead NCDs and Healthier Population, WHO Indonesia, saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (6/5/2024).

dr Lubna mengatakan, kadar lemak trans yang tinggi banyak ditemukan pada jajanan yang banyak dikonsumsi, seperti biskuit, wafer, produk roti, dan jajanan kaki lima seperti martabak dan roti maryam. Banyak dari makanan ini yang populer di kalangan anak-anak, sehingga membuat generasi mendatang berisiko mengalami kesehatan yang buruk.

"Tanpa kebijakan peraturan yang kuat dan didukung oleh undang-undang nasional, Indonesia berisiko masuknya produk-produk yang mengandung banyak lemak trans, sehingga memperburuk apa yang sudah menjadi ancaman kesehatan dan pembangunan nasional," ucapnya lagi.

Bukti menunjukkan bahwa cara paling efektif untuk menghilangkan lemak trans adalah melalui tindakan regulasi. WHO menganjurkan dua pilihan kebijakan praktik terbaik untuk menghilangkan TFA:

Hingga saat ini, 53 Negara Anggota WHO secara global telah mengadopsi kebijakan praktik terbaik dalam penghapusan lemak trans, yang melindungi hampir separuh populasi dunia, sejalan dengan pendekatan WHO REPLACE yang diluncurkan pada tahun 2018.

Simak Video "WHO Desak Israel untuk Fasilitasi Akses Kemanusiaan di RS Al Shifa Gaza"

[Gambas:Video 20detik]

(suc/up)

< Back to 68k.news ID front page