< Back to 68k.news ID front page

Mencegah Diabetes pada Anak Usia Dini

Original source (on modern site)

Mencegah Diabetes pada Anak Usia Dini

Ruang Artikel 2024-05-03 | 13:00:00

PAUDPEDIA --- Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD Kasus diabetes pada anak mencapai 2 per 100.000 jiwa per Januari 2023. dan yang paling banyak ditemukan adalah tipe 1. Sedangkan, diabetes tipe 2 sebanyak 5-10 persen dari keseluruhan kasus diabetes anak. IDAI mencatat, ada 1.645 anak dengan diabetes melitus yang tersebar di 13 kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, Solo, Denpasar, Palembang, Padang, Medan, Makassar, dan Manado. Jika hal ini dibiarkan maka generasi penerus bangsa akan mengalami angka kesakitan yang tinggi yang berimbas pada tingkat produktivitas negara dan bangsa Indonesia di masa mendatang karena berdasarkan jenis kelamin, penderita diabetes (diabetisi) persentase paling banyak adalah perempuan, maka tidak dapat dipungkiri perempuan diabetes beresiko melahirkan bayi yang kelebihan berat badan di atas 4 kg dan memiliki penyakit genetik diabetes yang dominan.    

Melihat banyaknya faktor yang bisa membuat anak terkena diabetes, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah diabetes pada anak:

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Pastikan anak mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi. Kurangi konsumsi makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan makanan olahan, serta tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein sehat. Berikan contoh yang baik kepada anak dengan turut embiasakan pola makan sehat di keluarga. Dengan begitu, risiko diabetes tidak hanya ditekan pada anak, tetapi juga anggota keluarga lainnya.

  1. Lakukan Aktifitas Fisik

Dorong anak untuk bergerak lebih banyak. Aktivitas fisik yang teratur membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ajak anak untuk bermain di luar, bersepeda, atau berpartisipasi dalam olahraga yang disukainya.

  1. Pantau Berat Badan

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes pada anak. Pastikan anak memiliki berat badan yang sesuai dengan mengelola asupan makanan dan memastikan bahwa ia aktif secara fisik.

  1. Batasi Screen Time

Batasi waktu anak di depan layar, seperti televisi, komputer, atau ponsel. Terlalu banyak waktu di depan layar dapat mengarah pada gaya hidup yang tidak aktif dan peningkatan risiko obesitas.

  1. Beri Contoh Gaya Hidup Sehat

Anak-anak cenderung meniru apa yang dilihat dari orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, contohkan pola makan sehat dan gaya hidup aktif di depan mereka.

  1. Kesehatan Mental itu Penting

Stres dan kecemasan juga dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk risiko diabetes. Berikan dukungan emosional yang diperlukan dan pastikan anak memiliki outlet untuk mengatasi stres, seperti bermain, berkreativitas, atau berbicara dengan orang dewasa yang dipercayainya.

Penulis : Mariana Panji Ramadan

Editor : Ifina Trimuliana

Referensi :

[KEMENKES RI] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2023. Diabetes Melitus Pada Anak. Tersedia di : https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2612/diabetes-melitus-pada-anak

American Diabetes Association, 2018. Standards of Medical Care in Diabetes. The Journal of Clinical and Applied  Research and Education Vol. 41 Supplement 1. M. Matthew C. Riddle, ed.,

< Back to 68k.news ID front page