< Back to 68k.news ID front page

6 Cara Simpel Menurunkan Gula Darah yang Bisa Diterapkan Setiap Hari

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Setiap orang perlu menjaga agar kadar gula dalam darahnya tetap normal. Jika gula darah terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, salah satunya adalah diabetes.

Menjaga gula darah tetap normal tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah kebiasaan yang bisa diterapkan untuk menurunkan gula darah tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Secara umum, karbohidrat terbagi menjadi dua, yakni karbohidrat sederhana dan kompleks.

Karbohidrat sederhana dapat dengan mudah dicerna tubuh, sehingga membuat gula darah naik dengan cepat. Di sisi lain, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga tidak memicu kenaikan gula darah yang signifikan.

Karena itu, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk memenuhi kebutuhan energi sambil tetap menjaga kadar gula darah tetap normal. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya biji-bijian utuh, gandum, legum, buah, sayuran, dan lain sebagainya.

2. Rajin Makan Serat

Serat merupakan salah satu asupan yang berperan penting dalam menjaga kadar gula dalam darah. Serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga kadar gula darah tidak melonjak dengan cepat.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air secara teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain mencegah dehidrasi, air dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine.

Sebuah studi juga menunjukkan orang yang banyak minum air memiliki risiko lebih kecil mengalami kenaikan gula darah. Minum air secara teratur juga diyakini dapat menghidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

4. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon glukagon dan kortisol yang dapat memicu kenaikan gula darah.

Sebuah penelitian menemukan latihan dan meditasi, seperti yoga, dapat mendukung produksi hormon insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Tidur yang Cukup

Kurang tidur tidak hanya memengaruhi kadar gula dalam darah, tapi juga dapat menyebabkan resistensi insulin. Akibatnya, gula dari makanan tidak bisa diproses menjadi energi secara optimal dan menumpuk dalam darah.

Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan hormon kortisol yang dapat memicu kenaikan gula darah. Usahakan setidaknya tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

6. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat menurunkan gula darah tinggi dengan berbagai cara. Pertama, berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel dalam tubuh dapat menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah dengan lebih efekif.

Selain itu, olahraga juga membantu otot menggunakan lebih banyak gula darah sebagai sumber energi dan kontraksi otot.

Saksikan juga Eureka! : Raungan Gunung Ruang

(ath/suc)

< Back to 68k.news ID front page