< Back to 68k.news ID front page

3 Persiapan Kesehatan Jelang Pernikahan yang Perlu Menjadi Perhatian Para Calon Pengantin - Chanelmuslim.com

Original source (on modern site) | Article images: [1]

PERSIAPAN kesehatan jelang pernikahan perlu menjadi perhatian para calon pengantin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kehidupan rumah tangga dan siap untuk mengemban hal-hal besar di dalamnya, seperti memiliki anak maupun menjalin hubungan suami istri yang sehat.

Untuk itu baik calon penganti pria maupun wanita perlu melakukan persiapan ini selain persiapn teknis di hari pernikahan berlangsung.

Baca Juga: Kenali Prosesi Pernikahan Adat Melayu Sebelum Melamar Wanita Pujaanmu

Berikut adalah beberapa persiapan kesehatan menjelang pernikahan yang perlu dilakukan, dikutip dari Halodoc:

1. Persiapan Fisik

Sebagai persiapan kesehatan sebelum menikah, para calon pengantin perlu menjalani beberapa prosedur pemeriksaan fisik, seperti:

  1. Pemeriksaan tanda-tanda vital. Seperti suhu, nadi, frekuensi napas, dan tekanan darah.
  2. Pemeriksaan status gizi. Misalnya seperti berat badan, lingkar lengan atas, hingga tanda-tanda anemia.
  3. Pemeriksaan darah rutin. Penting untuk calon pengantin menjalani pemeriksaan darah rutin seperti kadar hemoglobin, golongan darah, dan rhesus pemeriksaan urin rutin.
  4. Pemeriksaan lain atas indikasi. Pemeriksaan ini dapat dilakukan guna memeriksakan penyakit menular seksual (PMS), HIV, malaria, gula darah, hepatitis B, torch (toksoplasmosis, rubella, citomegalovirus, dan herpes) hingga thalassemia.

2. Menjaga Kesehatan Jiwa Diri dan Pasangan

Sehat jiwa merupakan kondisi di mana individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, sehingga dapat menyadari kemampuan sendiri, mengatasi tekanan, bekerja secara produktif. Berikut adalah beberapa ciri-ciri sehat jiwa pada seseorang:

3. Melakukan Vaksinasi

Sebelum pernikahan berlangsung, setiap calon pengantin baik yang pria maupun wanita perlu melakukan imunisasi lewat vaksin.

Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko penularan penyakit tertentu yang dapat berdampak pada pasangan, maupun pada anak ketika istri sudah hamil atau melahirkan. Nah, berikut adalah beberapa vaksinasi yang perlu dilakukan oleh calon pengantin:

Dengan memerhatikan hal-hal di atas, calon pasangan suami istri dapat mencegah permasalahan kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun pada keturunannya.

[Ln]

< Back to 68k.news ID front page