< Back to 68k.news ID front page

5 Berkas Penting yang Perlu Dipersiapkan untuk Daftar LPDP Tahap 2

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa oleh pemerintah Indonesia yang bertujuan mendukung pengembangan sumber daya manusia unggul. Program ini mencakup berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sarjana hingga doktor.

Setiap tahunnya, beasiswa ini jadi rebutan para mahasiswa yang mendambakan pendidikan lanjut di berbagai universitas ternama luar negeri. Tahap 1 pendaftaran LPDP telah dilaksanakan pada tanggal 11 Januari-12 Februari lalu, sementara tahap keduanya akan dibuka pada bulan Juni mendatang.

Sembari menunggu fase pendaftaran, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan berkas-berkas penting agar gak kelabakan di kemudian hari. Yuk, simak beberapa berkas penting yang diperlukan untuk daftar LPDP 2024 tahap 2 berikut ini!

1. Esai

Ilustrasi mengetik (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Berkas yang jadi salah satu syarat penting dalam pendaftaran LPDP adalah esai. Karya tulis ini berguna untuk memperkenalkan siapa dirimu kepada penyelenggara. Agar dapat meyakinkan atau menarik perhatian penyeleksi, isi esai harus kamu perhatikan dan ditulis dengan teliti.

Tuliskanlah apa saja nilai plus dari dirimu, prestasi yang relevan, juga fokus studi yang selama ini kamu kembangkan. Jangan lupa untuk ceritakan visi dan komitmenmu untuk berkontribusi bagi Indonesia pasca studi. Ingat, ya! Esai harus berisi 1.500-2.000 kata. Untuk itu, jangan bertele-tele dan mengulangi informasi yang sudah dijelaskan.

2. Surat rekomendasi

ilustrasi dosen (unsplash.com/Miguel Henriques)

Surat rekomendasi berfungsi untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi pelamar beasiswa dari sudut pandang akademisi yang memiliki objektivitas. Surat rekomendasi bisa kamu dapatkan dari akademisi/dosen, tokoh masyarakat, atau atasan.

Pastikan pula agar surat rekomendasinya mencakup penjelasan mengenai kemampuan dirimu dari berbagai sudut pandang. Surat rekomendasi ini dapat disampaikan dengan dua format, yaitu surat rekomendasi online form dan offline form.

3. LoA (Letter of Acceptance) Unconditional

ilustrasi mahasiswa di perpustakaan (pexels.com/Yan Krukau)

Letter of Acceptance (LoA) Unconditional jadi berkas lainnya yang gak boleh ketinggalan dalam pendaftaran LPDP. Berkas ini merupakan surat yang diberikan oleh perguruan tinggi berisi pernyataan telah diterima sebagai calon mahasiswa perguruan tinggi tersebut tanpa ada syarat lain.

Melampirkan LoA dari universitas yang ada di daftar kampus LPDP tujuan, dapat membantumu mendapatkan nilai plus. Selain itu, jika kamu melampirkan LoA, maka kamu akan melewati satu tahap seleksi, yaitu tes skolastik.

Baca Juga: 7 Penyebab Gagal di Seleksi Administrasi LPDP, Kesalahan Dokumen?

4. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris

ilustrasi tiga mahasiswa sedang duduk bersama (pexels.com/RDNE Stock project)

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya membutuhkan sertifikat tes bahasa yang relevan. Pada beasiswa LPDP, sertifikat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS. Skor IELTS harus memenuhi syarat universitas yang dituju untuk bisa lolos.

Dokumen sertifikat ini diterbitkan paling lambat pada 2 tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:

5. Dokumen pendukung lainnya

ilustrasi mahasiswa (Freepik/tirachardz)

Setelah memastikan berkas-berkas penting di atas, ada pula beberapa dokumen pendukung yang tak kalah penting. Ini dia daftar berkas pendukung yang perlu kamu siapkan:

Nah, itu tadi daftar berkas-berkas penting penunjang pendaftaran LPDP 2024 tahap dua. Gak ada salahnya untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sejak dini sebelum nantinya pendaftarannya dibuka.

Baca Juga: 4 Kalimat Terlarang Diucapkan Ketika Wawancara Beasiswa LPDP

< Back to 68k.news ID front page