< Back to 68k.news ID front page

Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang sampai Minggu

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Penutupan Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, kembali diperpanjang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan bandara akal dilanjut sampai Minggu 21 April 2024 pukul 12:00 WITA.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub menjelaskan keptusan itu diambil berdasarkan Notice to Arimen (NOTAM) Nomor A1021/24 NOTAMR A1016/24, dengan pertimbangan masih adanya aktivitas abu vulkanik di Gunung Ruang di ruang udara Sulawesi Utara.

"Penutupan diperpanjang sampai dengan Minggu. Sesuai hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara," tulis Ditjen Hubud Kemenhub, Sabtu (20/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai informasi, erupsi Gunung Ruang sendiri terjadi sejak Selasa 16 April 2024, hal ini karena Bandara Sam Ratulangi hanya berjarak sekitar 95 km dari Gunung Ruang. Gara-gara kebijakan tersebut, penutupan bandara sebanyak 47 penerbangan dari dan menuju ke Manado dibatalkan.

Sejumlah maskapai dalam dan luar negeri pun dikabarkan membatalkan penerbangan karena erupsi Guung Ruang. Pada Kamis (18/4), Malaysia Airlines membatalkan sejumlah penerbangan ke dan dari Bandara Udara Internasional Kuala Lumpur (KUL) ke Sabah dan Sarawak.

Sementara pada Jumat (19/4), Lion Air Group mengumumkan bahwa semua penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi serta Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara (TTE), dibatalkan karena erupsi Gunung Ruang.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pembatalan dilakukan dengan pertimbangan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

(fdl/fdl)

< Back to 68k.news ID front page