< Back to 68k.news ID front page

MUI Jatim Buka Suara soal Ceramah Ning Umi Laila yang Singgung Rhoma Irama

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Surabaya -

Sosok pendakwah cantik Ning Umi Laila menjadi perbincangan warganet setelah menyinggung tentang narkoba dan pedangdut Rhoma Irama dalam ceramahnya. Potongan video ceramahnya tentang bahaya narkoba yang dikait-kaitkan dengan anak Rhoma Irama itu pun viral.

Potongan video ceramah itu diunggah salah satu akun TikTok. Dalam video itu dinarasikan ceramah Ning Umi Laila yang menyinggung tentang Ridho Rhoma, anak Rhoma Irama yang sempat tersandung kasus narkoba itu merupakan bentuk gibah atau menggunjingkan keburukan orang lain.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim pun buka suara. Anggota Komisi Fatwa MUI Jatim Nur Hasyim S Anam menyebutkan bahwa dalam ceramah seharusnya dihindari menggibah orang lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebetulnya secara kaidah tidak boleh menggibah dalam ceramah," kata Nur Hasyim saat dikonfirmasi detikJatim, Kamis (18/4/2024).

Nur Hasyim menegaskan sebisa mungkin para pendakwah menghindari gibah dalam setiap ceramah agama yang disampaikan. Jika memang harus gibah, ada sejumlah hal yang diperbolehkan saat ceramah.

"Gibah itu ada yang diperbolehkan, tapi kalau yang viral itu tidak boleh. Gibah yang boleh itu seperti imbauan agar orang terhindar dari orang jahat. Misal jangan dekat orang A, dia jahat, dan dengan bukti yang nyata. Untuk menghindarkan orang dari hal tidak baik. Kalau yang viral kan seperti mengumbar keburukan orang," bebernya.

Nur Hasyim memaklumi bahwa Ning Umi Laila sampai terbawa gibah hingga membicarakan keburukan dari keluarga Rhoma Irama. Sebab, kata dia, Ning Umi Laila masih minim jam terbang.

"Karena beliau itu masih muda, jadi mungkin jam terbangnya belum tinggi. Memang perlu masukan agar lebih berhati-hati dan lebih bagus ke depannya," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, potongan video dakwah pemilik nama Umi Lailatul Rahma Hadi ini viral dan mengundang kontroversi. Dalam salah satu kesempatan, Ning Umi Laila menyampaikan materi ceramah agama yang berkaitan dengan narkoba.

"Ada orang ingkang gembar-gembor, ojok narkoba, ojok gawe sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung nggak sengojo anak e nggih kenek narkoba (ada orang yang gembar-gembor jangan narkoba, jangan pakai sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung nggak sengaja anaknya kena narkoba)," ujar Ning Umi Laila dilihat detikJatim, Selasa (16/4/).

Dalam video yang diunggah di TikTok itu, Ning Laila akhirnya menyebutkan dengan gamblang siapa sosok yang dia maksud menggembar-gemborkan tidak terjebak narkoba tapi anaknya memakai narkoba.

"Sinten buk? Oh boten sumerap (Siapa bu? Oh tidak tahu). Rhoma Irama," lanjutnya.

Sementara Ning Umi Laila saat dihubungi mengaku hal tersebut merupakan salah paham.

"Sebenarnya niku namung salah paham mawon, cuman dari kulo-nya juga kelinthu. Dados pripun mboten nopo-nopo (Sebenarnya itu cuma salah paham saja, cuman dari sayanya juga keliru. Jadi bagaimana ya tidak apa-apa)," ujarnya saat dihubungi detikJatim melalui telepon.

Simak Video "Anies: Kalau di Sana Punya Bansos, Kita Punya Rhoma Irama"

[Gambas:Video 20detik]

(dpe/dte)

< Back to 68k.news ID front page