< Back to 68k.news ID front page

Heboh Firli Minta Rp 50 M ke SYL, YLBHI Dorong Polisi Lakukan Penahanan

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Terungkap di persidangan bahwa mantan Ketua KPK Firli Bahuri meminta Rp 50 miliar kepada eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). YLBHI meminta Polda Metro seharusnya serius dan segera bertindak untuk menahan Firli.

"YLBHI memandang ada problematika. Kami melihat ketidakseriusan Polda Metro menangani dan segera melakukan tindakan upaya paksa terhadap Firli Bahuri," kata Ketua YLBHI Muhammad Isnur kepada wartawan, Jumat (19/4/2024).

"Jadi kalau memang sejak awal Polda Metro menemukan bukti cukup kuat, dan indikasinya cukup kuat, apalagi ada saksi di persidangan bahwa Firli minta uang ya, dan ditetapkan tersangka, harusnya Polda bertindak cepat, untuk melakukan upaya penahanan," tambahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Isnur kembali mengingatkan soal adanya potensi Firli menghilangkan barang bukti. Dia juga berharap Polda Metro segera melengkapi berkas perkara Firli agar segera disidangkan.

"Karena rata-rata orang kalau nggak ditahan bisa menghilangkan barang bukti, kemudian juga bahkan kabur ke luar negeri. Tentu Polda Metro harusnya meneruskan perkara ini secepatnya ke ranah penuntutan di kejaksaan. Sehingga publik bisa mengikuti proses dan menilai kesalahan dari Firli," ujarnya.

"Publik sangat menunggu Firli disidangkan di pengadilan dan dituntut secara terbuka di ruang sidang. Kami mendesak Polda untuk segera meneruskan perkara ini ke penuntutan dan jangan mendiamkan dan mengaburkan perkara," tambahnya.

Peran Firli Terungkap di Sidang Kasus SYL

Sebelumnya, jaksa KPK menghadirkan Panji Hartanto sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan). Panji, yang merupakan mantan ajudan SYL, mengungkap Firli pernah meminta uang senilai Rp 50 miliar ke SYL.

Hal itu terungkap dalam BAP Panji Nomor 34 yang dibacakan hakim dalam persidangan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (17/4). Panji mengaku mendengar percakapan SYL terkait permintaan uang tersebut.

"Ada di BAP Saudara mengetahui terkait permintaan uang, BAP nomor 34 ya, dari Firli Bahuri bahwa di sini yang saat itu SYL menyatakan terdapat permintaan Rp 50 miliar dari Firli Bahuri. Itu Saudara ketahui dari percakapan atau dari apa nih?" tanya hakim.

"Dari percakapan Bapak (SYL)" jawab Panji.

"Dari percakapan Bapak ke?" tanya hakim.

"Waktu itu di ruangan kerja," jawab Panji.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya..

Simak Video: Eks Ajudan Sebut Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp 50 M ke SYL

[Gambas:Video 20detik]

< Back to 68k.news ID front page