< Back to 68k.news ID front page

Sekda Klaten Minta Gerakan Berantas Nyamuk DBD Terus Digalakkan

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Klaten masih mengalami peningkatan. Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono meminta agar gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) tetap digalakkan.

Jajang menjelaskan, pada minggu ke-16, belum ada laporan terkait kematian akibat kasus DBD di Kabupaten Klaten, akan tetapi masih ada tambahan kasus DBD. Oleh karena itu ia menegaskan agar gerakan PSN serentak tetap digencarkan.

"Jadi dilaporkan terkait dengan perkembangan DBD tadi di rakor (rapat koordinasi) tidak ada perkembangan tambahan, tidak ada kasus. Mudah-mudahan nanti semakin baik," kata Jajang kepada awak media di Gedung RSPD, Senin (29/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi kasusnya masih ada, makanya di rakor, di forum-forum juga masih kami sampaikan terkait dengan DBD ini menjadi fokus perhatian," sambungnya.

Sebelumnya, gerakan PSN serentak sendiri juga sudah digalakkan di masing-masing kecamatan di Kabupaten Klaten. Mengingat hujan masih sering turun di Kabupaten Bersinar ini, ia pun mengimbau masyarakat untuk senantiasa melaksanakan PSN serentak, serta memastikan tak ada genangan air sebagai tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti.

"Mari kita sama-sama minimalkan apa yang menjadi penyebab (DBD), ini masih musim hujan, genangan-genangan air bersih terutama genangan air bersih dikuras, dibersihkan, pastikan tidak ada genangan-genangan air bersih. Cek terus bak mandi dan lain sebagainya," imbau Jajang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, Anggit Budiarto mencatat bahwa pada minggu ke-16 tidak ada kematian akibat DBD, tetapi ada kenaikan kasus sebanyak 48. Sementara pada minggu ke-17 terdapat 5 kasus kematian dan 50 kasus DBD.

"Sampai minggu ke-17 terdapat 427 kasus dengan 22 kematian," kata Anggit saat dihubungi awak media.

Adapun korban meninggal termuda dalam kasus DBD di Kabupaten Klaten adalah anak laki-laki berusia 5 bulan, sementara yang tertua ialah perempuan berusia 54 tahun.

Simak Video "BMKG Sebut Perubahan Iklim Berpotensi Tingkatkan Angka Penderita DBD"

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)

< Back to 68k.news ID front page