< Back to 68k.news ID front page

Koops Habema Tembak 2 Anggota TPNPB yang Serang Pos TNI di Nduga Papua

Original source (on modern site) | Article images: [1]

TEMPO.CO, Jakarta - TNI melalui Komando Operasi (Koops) Habema menembak dua anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Jumat, 19 April 2024. Meski tertembak, kedua anggota TPNPB itu berhasil melarikan diri.

Perwira Penerangan Koops Habema Letkol Arh Yogi Nugroho mengklaim, dua anggota TPNPB itu telah beberapa kali berusaha menyerang Pos TNI di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan sejak awal 2024. Keduanya disebut bagian Kodap III/Ndugama pimpinan Egianus Kogoya.

Yogi menyebut, penyerangan TPNPB tersebut dilancarkan seiring dengan niat mereka mengganggu keamanan wilayah Papua.

"Keberhasilan prajurit TNI melumpuhkan kekuatan OPM di Paro merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," kata Yogi dalam keterangan tertulis, yang dikutip pada Sabtu, 20 April 2024.

Iklan

Dari hasil penembakan itu, TNI menyita barang bukti seperti sebuah pucuk pistol FN beserta magasen, sebuah magasen senapan SS-2, 27 butir munisi 5.56 mm, sebuah bendera Bintang Kejora TPNPB, sebuah busur dan beberapa anak panah tradisional, sebuah parang, serta sebuah Noken.

Yogi menyebut, Koops Habema telah melakukan penindakan yang berlangsung efektif serta berhasil melumpuhkan kekuatan TPNPB  di wilayah Paro.

Pilihan Editor: TPNPB Kembali Tuding TNI Jatuhkan Bom di Papua Demi Selamatkan Pilot Susi Air

< Back to 68k.news ID front page