< Back to 68k.news ID front page

Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024 dari PAPDI, Ada Pembaharuan Tambahan Vaksin Baru

Original source (on modern site) | Article images: [1] [2] [3]

Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024 (Gambar Benzoix)

YOGYAKARTA - Bicara soal jadwal vaksinasi dewasa 2024 dikonfirmasi bahwa tahun ini ada pembaruan rekomendasi dengan menambahkan vaksin Pneumokokal Konjugat 15-valent (PCV15) yang diumumkan langsung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

"Pemberian vaksin merupakan langkah penting dalam upaya perlindungan kesehatan masyarakat. PAPDI berkomitmen untuk terus menyediakan rekomendasi vaksin yang terkini dan berbasis bukti ilmiah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat," ujar Ketua Umum Pengurus Besar PAPDI, Dr. dr. Sally Aman Nasution SpPD, K-KV, FINASIM, FACP di Jakarta, Senin.

Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Melansir dari ANTARA, ia berkata, tidak hanya diberikan kepada balita serta anak-anak, vaksin PCV15 pula sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) buat diberikan kepada dewasa guna memberikan proteksi terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Ada pula penambahan vaksin PCV15 memenuhi 22 tipe vaksin yang direkomendasikan PAPDI untuk golongan dewasa mulai dari 18 tahun sampai lanjut usia, selaku bagian dari upaya menguatkan proteksi kesehatan untuk warga Indonesia.

Bagi dia, salah satu penyakit yang bisa dicegah penyebarannya lewat vaksinasi yaitu pneumonia.

Pneumonia ialah infeksi jaringan paru yang utamanya diakibatkan oleh bermacam virus, bakteri, serta jamur.

Dia berkata, salah satu pemicu penting dari penyakit ini yakni bakteri Streptococcus pneumoniae (Pneumokokus), mempunyai lebih dari 100 serotipe serta beberapa diantaranya menimbulkan infeksi parah semacam Serotipe 3, 22F, serta 33F.

Saat ini di Indonesia, pneumonia jadi salah satu dari 10 kasus rawat inap paling banyak dengan perkiraan biaya penyembuhan rata-rata lebih dari 18 juta rupiah buat rawat inap selama 6 hari.

Gambar Freepik

Berdasarkan informasi BPJS, pneumonia jadi salah satu penyakit dengan beban biaya paling tinggi.

"Salah satu langkah penting yang butuh dilakukan buat menekan tingginya tingkatan permasalahan serta selaku upaya penangkalan terhadap pneumonia yaitu dengan melaksanakan vaksinasi PCV," ucapnya.

Sedangkan itu, Anggota Bidang Pengembangan Profesi serta Riset PAPDI, dr. Ceva Wicaksono Pitoyo, SpPD, K-P, FINASIM, KIC berkata kalau ada bermacam aspek resiko yang pengaruhi terbentuknya pneumonia pada dewasa semacam aspek usia, pekerjaan, gaya hidup, kondisi kesehatan, ataupun karena bepergian.

Tidak hanya itu, resiko pneumonia pula semakin besar apabila mempunyai keadaan medis tertentu.

Sementara itu, bermacam studi menunjukkan kalau vaksinasi pneumonia pada orang dewasa bisa menolong mengurangi resiko dari penyakit berbahaya ini.

Menurut dia, tidak hanya menghindari pneumonia, vaksinasi PCV pula bisa menolong menghindari beberapa penyakit lain, semacam radang selaput otak (meningitis), infeksi darah (bakteremia) serta radang telinga (otitis) yang diakibatkan oleh bakteri pneumokokus.

"Inilah kenapa, PCV jadi salah satu vaksin yang direkomendasikan PAPDI buat diberikan ke masyarakat populasi dewasa, guna membatasi angka penularan pneumonia," katanya.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui Biaya Vaksin HPV Orang Dewasa untuk berjaga-jaga.

Jadi setelah mengetahui jadwal vaksinasi dewasa 2024, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

< Back to 68k.news ID front page