< Back to 68k.news ID front page

Kata MUI Jatim soal Ceramah Ning Umi Laila yang Singgung Rhoma Irama

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Surabaya -

Pendakwah perempuan, Ning Umi Laila, menjadi perbincangan warganet setelah ceramahnya menyinggung tentang narkoba dan pedangdut Rhoma Irama. Potongan video ceramahnya tentang bahaya narkoba yang dikait-kaitkan dengan anak Rhoma Irama itu viral di media sosial (medsos) TikTok.

Dalam video yang diunggah salah satu akun TikTok, ceramah Ning Umi Laila yang menyinggung tentang Ridho Rhoma, anak Rhoma Irama yang sempat tersandung kasus narkoba, itu dianggap sebagai gibah atau menggunjingkan keburukan orang lain.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (MUI Jatim) Nur Hasyim S Anam mengatakan, dalam ceramah, seharusnya dihindari menggibah orang lain. Menurutnya, pendakwah semestinya menghindari gibah dalam ceramah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebetulnya secara kaidah tidak boleh menggibah dalam ceramah," kata Nur Hasyim, dilansir detikJatim, Sabtu (20/4/2024).

Dia mengatakan, jika memang harus gibah, ada sejumlah hal yang diperhatikan saat ceramah. Nur Hasyim memaklumi Ning Umi Laila sampai terbawa gibah hingga membicarakan keburukan dari keluarga Rhoma Irama.

Seperti diberitakan sebelumnya, potongan video dakwah pemilik nama Umi Lailatul Rahma Hadi ini viral dan mengundang kontroversi. Dalam salah satu kesempatan, Ning Umi Laila menyampaikan materi ceramah agama yang berkaitan dengan narkoba.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat juga Video: Anies: Kalau di Sana Punya Bansos, Kita Punya Rhoma Irama

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/dhn)

< Back to 68k.news ID front page