< Back to 68k.news ID front page

Penahanan Harvey Moeis di Kasus Korupsi Timah Diperpanjang 40 Hari

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) memperpanjang masa penahanan tersangka dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022, Harvey Moeis. Penahanannya diperpanjang hingga 40 hari ke depan.

"Sekarang masih yang bersangkutan ditahan di Rutan Kejari Jakarta Selatan Cabang Salemba, dan sudah diperpanjang oleh penuntut umum 40 hari ke depan dari tanggal 16 (April) sampai 25 Mei," ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kepada wartawan, Sabtu (20/4/2024).

Ketut menjelaskan saat ini Harvey masih ditangani penyidik. Dia menjelaskan perpanjangan ini sesuai dengan aturan KUHAP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"(Alasan penahanan diperpanjang) ya itu udah KUHAP. Kalau kita nggak perpanjang, nanti dia keluar demi hukum, dan kita punya kewenangan menahan kurang lebih 60 hari, 20 hari di penyidik, dan diperpanjang 40 hari oleh penuntut umum, dan bisa diperpanjang lagi sampai ke persidangan kalau proses penyidikannnya belum selesai," jelas Ketut.

Selain itu, Ketut buka suara perihal status istri Harvey Moeis, Sandra Dewi. Ketut mengatakan Sandra Dewi statusnya saksi dalam perkara ini.

"Sementara statusnya masih jadi saksi," ucapnya.

Dalam perkara ini, Kejagung sudah menetapkan 16 tersangka, seorang di antaranya dijerat terkait perintangan penyidikan. Sedangkan 15 tersangka lainnya dalam pokok perkara.

Kejagung sebelumnya menahan Harvey Moeis selama 20 hari ke depan. Karena penyidikannya belum rampung, maka penahanannya diperpanjang selama 40 hari.

Simak Video: Penampakan 2 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Baru Disita Kejagung

[Gambas:Video 20detik]

(zap/dhn)

< Back to 68k.news ID front page