< Back to 68k.news ID front page

Apa Saja Imunisasi yang Wajib Diberikan kepada Bayi Berusia 1-2 Bulan?

Original source (on modern site) | Article images: [1]

TEMPO.CO, Jakarta - Imunisasi penting dilakukan bagi setiap orang, baik bayi maupun orang dewasa. Bahkan, imunisasi diutamakan diberikan kepada bayi karena beberapa alasan mendasar. 

Dilansir dari WebMD, imunisasi akan mengurangi tingkat keparahan atau menghindari timbulnya penyakit. Bahkan, imunisasi lebih efektif dan hemat biaya untuk mencegah penyakit daripada mengobatinya.

Dengan tujuan tersebut, imunisasi penting dilakukan setiap orang, terutama bayi berusia 1-2 bulan. Bayi dengan usia tersebut wajib melakukan imunisasi untuk mencegah penyakit berbahaya di masa depan. 

Selama bulan pertama kehidupan, imunisasi rutin dapat membantu melindungi bayi dari berbagai penyakit serius atau berpotensi fatal. Dikutip dari cdc.gov, berikut imunisasi yang harus diterima bayi ketika berusia 1-2 bulan:

1. Diphtheria, Tetanus, and Pertussis (Whooping Cough) atau DTP

Imunisasi ini dilakukan untuk mengatasi penyakit serius, yaitu difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Ketiga penyakit ini dapat mematikan bagi orang-orang dari segala usia. Dari ketiga penyakit ini, batuk rejan yang sangat berbahaya bagi bayi.

2. Haemophilus Influenzae type b (Hib)

Hib adalah penyakit serius yang terjadi karena bakteri Haemophilus influenzae tipe B. Bayi dan anak-anak berusia di bawah 5 tahun memiliki risiko tinggi terkena penyakit hib. Penyakit ini dapat menyebabkan bayi mengalami kecacatan seumur hidup dan kematian. Dokter merekomendasikan agar bayi mendapatkan tiga atau empat dosis imunisasi Hib.

3. Hepatitis B

Iklan

Hepatitis B adalah penyakit menular dan berpotensi serius yang menyebabkan kerusakan hati dan kanker hati. Jika sudah terinfeksi hepatitis B ketika lahir, bayi bisa menjadi infeksi kronis seumur hidup. Tidak ada obat untuk hepatitis B, tetapi imunisasi menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Penyakit Pneumokokus 

Penyakit pneumokokus menyebabkan infeksi yang berpotensi serius dan mematikan. Salah satu penanganan penyakit ini dengan melakukan vaksin konjugat pneumokokus. Vaksin ini melindungi diri bayi dari bakteri yang menyebabkan penyakit pneumokokus.

5. Polio

Polio adalah penyakit yang melumpuhkan dan mengancam jiwa karena virus polio. Virus ini dapat menginfeksi sumsum tulang belakang. Biasanya, polio paling sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Polio diatasi dengan melakukan imunisasi atau vaksin. Bahkan, penggunaan vaksin polio yang berkelanjutan telah membuat AS bebas polio.

6 Rotavirus

Rotavirus sangat berbahaya dan mematikan bagi bayi serta anak kecil. Dokter akan merekomendasikan agar anak mendapatkan dua atau tiga dosis imunisasi Rotavirus sebagai bentuk penanganan penyakit.

Pilihan Editor: Kampanye Imunisasi MR Fase 2 Luar Jawa Masih di Bawah Target

< Back to 68k.news ID front page