< Back to 68k.news ID front page

7 Camilan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Liputan6.com, Jakarta Disebut mother of disease, diabetes merupakan penyakit yang harus terkontrol agar tidak menyebabkan permasalahan lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengatur makanan yang mereka konsumsi. Tidak sedikit makanan yang apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes akan memparah kondisi mereka.

Selain makanan utama, memilih camilan juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Tidak sedikit orang mengabaikan dampak camilan karena hanya mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Padahal, makanan ringan dapat memberikan pengaruh yang cukup penting bagi tubuh, terutama bagi penderita diabetes.

Banyak sekali kudapan sehat yang kaya nutrisi serta dapat meningkatkan rasa kenyang tanpa menyebabkan gula darah naik terlalu tinggi. Sehingga pengguna diabetes tidak perlu khawatir apabila ingin memakan camilan di sela-sela aktivitas ataupun sebagai penunda lapar.

Snack yang dimaksud dalam hal ini yaitu makanan ringan yang mengandung tinggi serat, protein, serta lemak baik. Nutrisi ini akan membantu menjaga gula darah tetap terkendali dan bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, berikut 7 rekomendasi makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Telur Rebus

Telur rebus merupakan makanan yang mudah, murah, dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Satu telur rebus besar dapat mengandung hingga 6,3 gram protein yang dapat bermanfaat untuk mencegah gula darah naik terlalu tinggi. 

Dalam sebuah penelitian 65 orang dengan diabetes tipe dua memakan 12 butir telur perminggu selama setiap hari. Hasilnya, mereka mengalami penurunan gula darah yang signifikan. Kamu bisa memakan telur rebus begitu saja atau menambahkan topping lain yang juga menyehatkan.

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan mereka untuk mengendalikan kadar gula darah. Yuk simak, jenis makanan apa saja sih yang harus dihindari?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2. Yoghurt dan Beri

Yogurt polos mengandung hanya 100 kalori dan memberikan dosis kalsium untuk pembentuk tulang. Tapi satu cangkir kecil yogurt dengan tambahan buah dan lain-lain akan memberikan tambahan 150 kalori dan 26 gram gula. (Istimewa)

Yoghurt dengan buah beri adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Antioksidan yang terdapat dalam buah beri dapat membantu pankreas melepaskan hormon untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, beri juga mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk menstabilkan gula darah.

Sedangkan yoghurt juga dikenal dengan kemampuannya dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh. Selain itu, protein dalam yoghurt juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

3. Alpukat

Menjadikan alpukat sebagai camilan merupakan pilihan yang sangat bagus bagi penderita diabetes. Dengan kandungan serat dan lemak jenuh yang tinggi menjadikan alpukat makanan yang ramah penderita diabetes.

Anda bisa memakan alpukat sendiri maupun memasukkan topping yang menyehatkan seperti madu. Namun perlu diingat bahwa alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga lebih baik mengkonsumsinya tidak terlalu banyak, sekitar seperempat hingga setengah buah alpukat.

4. Apel dan Selai Kacang

169 gram potongn apel hijau dan 2 sdm selai kacang. (Via: webmd.com)

Irisan apel yang dipadukan dengan selai kacang merupakan camilan lezat yang cocok untuk penderita diabetes. Apel memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin B, vitamin C, dan potasium. Sedangkan selai kacang mengandung vitamin E dan magnesium yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Selain apel, kamu juga mengkreasikannya dengan buah lain seperti pisang atau pir agar tidak membosankan namun memiliki manfaat yang serupa.

5. Popcorn

Popcorn merupakan makanan ringan yang terbuat dari jagung utuh. Selain populer dan kekinian, makanan ini juga menyehatkan bagi penderita diabetes. Popcorn memiliki kalori yang rendah, yaitu satu cangkir atau sekitar 8 gram popcorn hanya memiliki 31 kalori.

Mengonsumsi makanan yang rendah kalori dapat berperan untuk penurunan gula darah serta bermanfaat untuk menjaga berat badan. Namun perlu diingat bahwa popcorn yang dimaksud yaitu popcorn yang tidak mengandung perasa atau garam yang tinggi, sehingga lebih baik untuk membuat sendiri di rumah.

6. Edamame

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Brent Hofacker

Edamame adalah kedelai hijau yang masih dalam polongnya. Dalam secangkir edamame atau sekitar 155 gram, terdapat 18 gram protein dan 8 gram serat sehingga menjadikannya sangat baik untuk penderita diabetes.

Edamame dapat disajikan dengan cara dikukus terlebih dahulu, baru setelahnya bisa dimakan langsung maupun mencampurkannya dengan bumbu pilihan yang dapat membuat edamame menjadi lebih enak.

7. Puding Chia Seed

Bagi kamu yang suka berkreasi dengan makanan, maka membuat puding chia seed tentu menjadi satu hal yang mudah. Kudapan ini sangat bagus untuk penderita diabetes karena chia seed memiliki kandungan protein, serat, dan asam lemak omega 3 yang dapat menstabilkan gula darah. 

Selain itu, serat dalam chia seed mampu menyerap banyak air sehingga dapat memperlambat proses pencernaan dan pelepasan gula ke dalam darah. Tidak lupa kadar trigliserida dalam chia seed juga baik untuk kesehatan jantung, sehingga meminimalkan potensi penyakit jantung dari diabetes.

Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

< Back to 68k.news ID front page