< Back to 68k.news ID front page

Hukum kemarin, dari OPM hingga dugaan tindak asusila Hasyim Asy'ari 

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita yang berkaitan dengan hukum dan keamanan terjadi di sepanjang Jumat (19/4). Dari mulai penembakan anggota OPM hingga pelaporan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari.

Berikut ragam berita hukum dan keamanan yang telah dirangkum ANTARA.

1. Dua anggota OPM pimpinan Egianus Kogoya tertembak pasukan TNI

Jakarta (ANTARA) - Dua anggota Organisasi Papua Merdeka Kodap III/Ndugama pimpinan Egianus Kogoya terkena tembakan saat terlibat baku tembak dengan pasukan Komando Operasi TNI Habema

di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat.

Perwira Penerangan Koops TNI Habema Letnan Kolonel Arh Yogi Nugroho dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan peristiwa baku tembak itu bermula ketika kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu sering melakukan penyerang terhadap salah satu pos TNI di daerah itu sejak awal 2024.

Baca di sini

2. KPK periksa pembangun kendaraan klasik dalam kasus TPPU Eko Darmanto

Jakarta (ANTARA) - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa seorang profesional pembangun kendaraan klasik dalam penyidikan perkara dugaan tindak pidana pencucian uang dengan tersangka mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta Eko Darmanto.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi builder kendaraan klasik Bernard Aryanto," kata Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Baca di sini

3. MK sebut 14 surat "amicus curiae" sedang dicermati majelis hakim

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menyebutkan sebanyak 14 surat amicus curiae atau sahabat pengadilan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat ini sedang dicermati oleh majelis hakim.

"Ya, sedang dicermati," kata Fajar saat ditemui di Gedung MK, Jakarta, Jumat.

Baca di sini

4. DKPP: Laporan tindakan asusila Hasyim Asy'ari dalam proses verifikasi

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Heddy Lugito mengatakan bahwa laporan tindakan asusila yang dilakukan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang dalam proses verifikasi.

"Masih dilakukan verifikasi administrasi," kata Heddy saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Baca di sini

5. Komnas HAM berharap tidak ada impunitas dalam kasus Hasyim Asy'ari

Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia berharap tidak ada impunitas dalam kasus dugaan tindak asusila yang dilakukan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

Komnas HAM mengajak semua pihak untuk mendorong Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bekerja secara profesional dan berintegritas dalam menangani laporan tindak asusila yang diduga melibatkan Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Baca di sini

 

Pewarta: Walda Marison

Editor: Edy M Yakub

Copyright © ANTARA 2024

< Back to 68k.news ID front page