< Back to 68k.news ID front page

Kenapa Beton Baru Kering Sering Disiram Air?

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Jakarta -

Pernahkah kamu melihat ada orang yang sering menyirami beton yang baru kering? Kira-kira tujuannya apa ya?

Bagi kamu yang masih belum tahu, proses penyiraman air pada beton yang baru saja mengering itu disebut dengan curing. Curing ini adalah proses yang sangat penting dilakukan pada saat pembuatan beton.

Bila kamu penasaran dengan apa itu proses curing beton, cara, dan tujuannya, kamu bisa simak ringkasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Itu Curing Beton?

Dikutip dari shepherdconcrete.com, proses curing beton adalah salah satu proses penting yang wajib dilakukan saat membuat beton.

Proses ini bukan hanya sekedar untuk membasahinya saja, melainkan untuk menjaga kandungan air, temperatur, dan kelembaban di dalam beton tersebut sehingga hasil beton tersebut sesuai dengan standar.

Proses ini harus segera dilakukan sesaat setelah beton dituang. Beton yang masih baru mengeras memiliki masa di mana mereka akan membentuk daya tahan atau kekuatan mereka. Maka dari itu, proses curing ini berperan penting agar beton tetap kuat, tahan lama, dan kedap air.

Cara Curing Beton dengan Baik

Cara yang terbaik untuk melakukan curing beton adalah dengan menyiram beton secara terus menerus dan konsisten.

Beton harus dibasahi 5-10 kali sehari setidaknya selama 7 hari pertama. Namun, idealnya adalah sampai 28 hari untuk mencapai hasil terbaik. Caranya bisa dengan menyiram atau merendam beton tersebut.

Sesuai dengan namanya, cara penyiraman hanya memerlukan alat penyiram untuk membasahi beton sebanyak beberapa kali sehari, kamu harus memastikan agar beton tidak pernah kering saat proses curing berlangsung.

Sebaliknya, cara merendam (ponding) menggunakan dinding pematang, atau dinding penahan, untuk menahan air di seluruh permukaan beton, memastikan beton selalu basah. Jika air sudah menguap dan mulai mengering, cukup diisi ulang saja.

Kapan Beton Sudah Bisa Dipakai?

Terhitung dari proses awal curing, beton baru boleh digunakan minimalnya 10 hari untuk aktivitas ringan, 24 hari untuk mulai digunakan untuk jalan, dan setelah 28 hari beton tersebut sudah bisa digunakan untuk menahan beban berat.

Nah, itu dia sedikit pengenalan dengan proses curing beton. Jadi sudah terjawab ya, kalau alasan beton baru kering disiram air adalah untuk 'mematangkan' beton tersebut supaya hasilnya kuat dan tahan lama.

Simak Video "Sejumlah Pemotor Tabrak Beton Pembatas Jalan Tanpa Rambu di Kemayoran"

[Gambas:Video 20detik]

(abr/zlf)

< Back to 68k.news ID front page