< Back to 68k.news ID front page

Anak Sering Cegukan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Original source (on modern site) | Article images: [1]

Anak sering cegukan bisa terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya reaksi alergi. Meski umumnya tidak berbahaya, kondisi ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Selain itu, ada juga beberapa situasi anak sering cegukan yang perlu penanganan dokter segera.

Pada bayi yang minum susu, cegukan seringkali terjadi karena menelan udara saat menyusu dari botol.

Cegukan terjadi karena adanya gangguan pada bagian diafragma. Ini adalah organ yang berada di antara perut dan dada. Biasanya cegukan tidak berbahaya dan bukan gejala penyakit kronis apapun. Namun, beberapa kondisi mungkin akan membuat anak tidak nyaman dan rewel, sehingga membutuhkan penanganan segera.

Lantas, apa sebenarnya penyebab anak sering cegukan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Penyebab Anak Sering Cegukan

Cegukan sangat umum terjadi pada siapapun dari semua kelompok umur termasuk anak kecil. Kondisi ini biasanya datang dan pergi dalam waktu singkat. Ada beberapa penyebab cegukan pada anak seperti di bawah ini:

1. Menghirup Terlalu Banyak Udara

Anak sering cegukan bisa terjadi karena perutnya yang kembung akibat terlalu banyak menelan udara. Kelebihan udara di dalam perut bisa menekan otot diafragma sehingga timbul kondisi cegukan.

Pada bayi usia minum susu, cegukan biasanya terjadi karena menelan udara ketika menyusu dari botol. Sementara itu, pada anak yang sudah masuk usia makan, kebanyakan udara dalam perut dapat disebabkan oleh:

Baca Juga: Mengenal Penyakit Bronkopneumonia pada Anak

2. Makan Terlalu Banyak

Makan dalam porsi banyak dan terlalu cepat bisa juga menjadi penyebab kondisi ini. Hal ini menyebabkan perut anak kembung melebihi ukuran normal.

Ketika perut membesar maka akan terdapat tekanan yang mengganggu otot diafragma yang berada di bagian bawah ulu hati.

Otot tersebut lalu berkontraksi secara tiba-tiba dan menimbulkan kondisi ini. Bila anak sering cegukan karena terlalu banyak makan, biarkan mereka menunggu hingga makanan tersebut tercerna sempurna terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Berjalan santai tetapi bukan berlari juga dapat membantu proses pencernaan makanan tersebut. Si Kecil tidak disarankan untuk berbaring ketika cegukan karena memperlambat proses pencernaan.

3. Reaksi Alergi

Pemicu alergi di ruangan biasanya menjadi penyebab anak sering cegukan. Bila terdapat iritan yang menyebabkan batuk, kontraksi otot diafragma tidak dapat terhindarkan. Akibatnya, cegukan pun terjadi.

Alergi atau peradangan paru-paru juga dapat menyebabkan diafragma berkontraksi secara tiba-tiba. Jika kondisi cegukan sudah sangat mengganggu, Anda bisa membawa Si Kecil untuk berkonsultasi dengan dokter guna menghindari komplikasi kesehatan.

Pijat lembut area diafragma saat anak cegukan setidaknya 20 hingga 30 detik

4. Asam Lambung Naik

Penyebab kondisi ini juga bisa karena asam lambung naik ke tenggorokan atau kerongkongan. Hal ini terjadi karena aliran untuk makanan mengiritasi ujung saraf esofagus dan merangsang kontraksi di diafragma perut.

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat memicu penyakit asam lambung, seperti:

Kondisi asam lambung yang naik menyebabkan kondisi ini karena posisi esofagus berada di sebelah diafragma. Bila ada hal yang mengganggu kerja tenggorokan, maka otot diafragma juga akan berkontraksi secara tiba-tiba.

Baca Juga: Informasi Lengkap Vaksin Pneumonia untuk Anak dan Dewasa

Cara Mengatasi Anak Sering Cegukan

Cara mengatasi cegukan bisa dilakukan dengan perawatan sederhana di rumah. Beberapa orang tua mengetahui persis apa yang menyebabkan Si Kecil cegukan. Kondisi seperti makan terlalu cepat atau konsumsi minuman bersoda umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, cegukan pada anak sangatlah mengganggu.

Berikut penjelasan cara mengatasi cegukan pada anak:

1. Menahan Napas

Tuntun anak Anda untuk menarik napas dalam-dalam seolah akan meniup lilin ulang tahun. Lalu, tahan napas selama 15 hingga 30 detik.

Tunggu sebentar sebelum hembuskan secara perlahan. Ulangi cara ini hingga 3 atau 4 kali jika percobaan pertama belum berhasil.

Bila kondisi ini masih belum hilang, Si Kecil bisa mengulanginya setiap 20 menit sekali. Namun, perhatikan kondisi anak Anda karena cara ini bisa saja membuat anak Anda pusing. Disarankan untuk melakukannya dalam posisi duduk di bangku atau lantai.

2. Makan Gula

Berikan satu sendok teh gula di lidah anak Anda untuk ditelan. Menurut penelitian yang diterbitkan The New England Journal of Medicine pada tahun 1971, 19 dari 20 orang berhasil menggunakan cara ini untuk mengatasi cegukan. Akan tetapi, perlu diperhatikan jumlah gula yang Anda berikan sebagai terapi anak sering cegukan.

3. Meniup Plastik

Bawa anak Anda untuk berada di posisi yang aman dan nyaman seperti sofa. Lalu minta mereka untuk menarik dan membuang napas ke dalam tas plastik sebanyak 10 hingga 15 kali.

Refleks cegukan dapat membantu pernapasan anak Anda dengan cara mengelabui otak agar menghentikan kondisi cegukan tersebut.

Ketika anak bernapas ke dalam tas plastik, kondisi ini mengeluarkan konsentrasi karbondioksida. Akibatnya, otak anak akan memberikan sinyal agar mendapatkan udara segar untuk bernapas.

4. Minum Air Putih

Cara mengatasi anak sering cegukan lainnya adalah dengan meminta anak Anda untuk minum air putih secepat mungkin. Sama halnya dengan gula yang menyentuh bagian belakang tenggorokan, minum air putih juga membantu memberikan sinyal ke otak untuk segera menghentikan cegukan.

5. Duduk Sambil Memeluk Lutut

Ajak anak Anda duduk sambil memeluk lutut sebagai salah satu upaya untuk meredakan kondisi anak sering cegukan. Lalu, beri tahu anak Anda untuk mencondongkan tubuh ke arah depan seolah sedang meringkuk.

Tetap berada di posisi ini selama kurang lebih 2 menit untuk memberikan tekanan di area diafragma sehingga udara yang terperangkap bisa keluar.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Usus Buntu pada Anak dan Cara Mengatasinya

6. Pijat Area Perut

Bila cara mengatasi anak sering cegukan lainnya belum juga berhasil, coba pijat area dimana diafragma anak Anda berada. Posisinya ada di bawah ulu hati tepat. Berikan tekanan lembut di area perut tersebut dengan ujung jari setidaknya 20 hingga 30 detik.

Itulah informasi mengenai anak sering cegukan termasuk penyebab dan cara mengatasinya di rumah. Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa mengunjungi rumah sakit Ciputra Hospital terdekat. Cek jadwal dokter dan buat janji dengan mudah hanya lewat aplikasi WhatsApp.

Telah direview oleh Dr Sony Prabowo, MARSĀ 

Source:

< Back to 68k.news ID front page